Sabtu, 22 Oktober 2011

Bisnis Tokek Tak Jadikan Orang Kaya Mendadak

lawupos.net:Kaya mendadak lantaran tokek?Boleh jadi isu ini benar. Tapi sebaliknya, bisa saja hanya isapan jempol.Setidaknya, jika acuannya bobot tokek yang kini jadi isu di kedai kopi. Yakni di atas 3 ons.

Pertanyaannya adalah, tokek dengan berat di atas tiga ons yang konon dihargai hingga ratusan juta, yakinlah seribu satu.Terlebih jika yang diminta tokek seberat 1 Kg. Kemana harus mencari?

Keluar isu kayak mendadak berkat tokek, kini binatang yang semula menjijikkan itu praktis jadi buruan. Di Madiun misalnya, belasan orang bertaruh nasib di bisnis tokek. Di Pasar Burung Sri Jaya Madiun, sendiri, setidaknya kini sudah muncul tiga orang pengepul tokek.

Ratusan ekor tokek bisa dijumpai di sini. Harganya, relatif beragam., Dari lima ribuan hingga Rp 50 ribu untuk ukuran sedang.Yono,41 tahun, adalah salah satu pemburu sekaligus pengepul tokek.

Berdasar pengakuan pengepul tokek setempat, mereka toh tidak langsung kaya mendadak setelah berbisnis tokek. Penghasilnnya juga biasa-biasa saja. Sehari paling banter hanya dapat untung dalam kisaran Rp 20 ribu – Rp 30 ribu.

Itupun setelah mereka bersusah payah berburu dan mengepul tokek. Yang merepotkan, saban hari mereka harus kasih makan binatang itu. Unggas yang paling mudah di dapat adalah jangkrik.”Sehari minimal Rp 5 ribu untuk beli jangkrik,” ujar Yono.

Ada puluhan tokek di kandang dia. Selain didapat sendiri dengan cara berburu di rumah-rumah penduduk, Yono juga beli dari warga. Dan jika di hitung2, ternyata, tak seperti isu yang berkembang. Lelaki ini tidak lantas kaya mendadak dengan berbisnis tokek. Alias biasa-biasa saja.

Kondisi pengepul tokek lain, setali tiga uang. Meski ratusan tokek sudah didapat, mereka toh tetap harus tunggu pembeli. Harganya juga wajar. Biasa-biasa saja. Hanya lima ribuan hingga Rp 50 ribu untuk ukuran besar.

Malah jika tokek-tokeknya itu tidak langsung bisa terjual, dia musti keluarkan biaya perawatan makin besar. Dus, keuntungannya pun kian susut.(elpos)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons