Selasa, 24 Agustus 2010

Ajang Penipuan Memakai Media Facebook

Apakah Anda menjadi salah satu anggota situs jaringan sosial Facebook? Hati-hati menerima tawaran di sana. Sebab para scammer Nigeria sudah memulai aksinya di sana.


Para penipu ini menjanjikan rekening dengan dana besar untuk menipu mangsanya. Triknya adalah dengan cara mengirimkan e-mail dari seorang teman yang mengaku terdampar di Lagos, Nigeria dan meminta uang US$ 500 untuk membeli tiket pulang. Trik lainnya adalah dengan menyertakan sebuah e-mail dari teman-teman yang meminta Anda untuk mengunduh sebuah file video yang terinfeksi trojan.

Banyak pengguna Facebook yang tidak sadar bahwa "teman" mereka itu sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris. Tentu saja, Facebook membiarkan scammer untuk mencari dan membidik para korbannya secara lebih efektif dan mencegah pesannya diblokir oleh spam filter.

Saat ini, password Facebook memang menjadi mata uang di pasar kriminal cyber. Password ini dituai melalui trojan.

Diincarnya pengguna Facebook ini tidak mengejutkan mengingat popularitas Facebook terus meroket. Menurut Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg, saat ini total ada 120 juta pengguna Facebook di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

kompas

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons