Selasa, 13 Juli 2010

HUKUM BACAAN NUN MATI ( TANWIN)

Ilmu tajwid

Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara membaca al-Quran dengan baik dan benar menurut makhraj nya, panjang pendek nya, tebal tipisnya, berdengung atau tidak nya irama atau nada nya, serta berhentu atau tidak nya sesuai ajaran Rasulullah S.A.W.
Mempelajari ilmu tajwid hukumnya wajib.

Hukum bacaan nun mati (tanwin) terbagi menjadi 4 macam yaitu :
a.Izhar, menurut bahasa berarti jelas atau terang, sedangkan menurut istilah adalah nun mati bertemu dengan salah satu huruf izhar.Huruf-Huruf izhar adalah :
Hamzah (ﻯ)
Ha (ﻫ)
Ain (ﻉ)
Ha (ﺡ)
Kha (ﺥ)

b.Iqlab, menurut bahasa berarti membalik atau menukar. Hukum bacaan iqlab terjadi manakala terdapat nun mati yang bertemu fengan ba (ﺐ). Dibaca dengung dengan menukar bunyi nun mati menjadi mim

c.Idgam, menurut bahasa berarti memasukkan. Menurut istilah berarti bercampurnya dua huruf yang sama, berdekatan, atau sejenis sehingga menjadi satu huruf yang bertasdid.
Idgam bilagunah adalah setiap nun mati bertemu dengan huruf lam (ﻞ) dan ra (ﺭ) membaca nya tidak boleh mendengung tetapi harus melebur nun nya ke dalam huruf depan nya.
Idgam bigunnah adalah setiap nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ya (ﻱ) nun (ﻥ) mim (ﻡ) wau (ﻭ) yang di kumpulkan dalam kalimat.

d.Ikhfa, adalah setiap nun mati bertemu salah satu huruf ikhfa yang berjumlah 15, jika nun mati bertemu salah satu huruf ikhfa tersebut maka harus dibaca mendengung dan menyembunyikan nun ked ala huruf di depan nya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons