Senin, 31 Mei 2010

Latar belakang yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Perempuan di Tower Biliard Palembang Squre

Faktor yang melatar belakangi perilaku individu dapat dibedakan menjadi 2 terdiri dari : pertama, faktor internal yaitu karaktristik orang yang bersangkutan, yang bersifat given (bawaan). Kedua, faktor eksternal yaitu lingkungan, baik lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, politik dan sebagainya. Faktor lingkungan ini merupakan faktor yang dominan yang mewarnai diperilaku seseorang.



Dengan demikian, remaja berperilaku merokok diantaranya dipengaruhi oleh faktor internal dan ekstrnal. Faktor internal tersebut berasal dari diri individu yang bersangkutan berupa sejauh remaja itu sendiri memang sudah perokok atau mempunyai keinginan untuk menjadi perokok. Remaja yang tidak ingin untuk menjadi perokok tetap tidak akan terpengaruh. Sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan, seperti lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan, dan lain sebagainya.




Faktor lingkungan pergaulan


Kehidupan manusia dipengaruhi oleh kelompoknya. Setiap anggota kelompok memiliki
Peranan-peranan yang diwariskan kepada anggota kelompoknya. Kelompok manusia pertama adalah keluarga, tetangga, teman, sepermainan dan sekolah.


Banyak hal menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku merokok perempuan, salah satu faktor yang paling dominan adlah faktor dari lingkungan pergaulan diamana didalamnya terdapat kelompok teman-teman sepermainan sebagai anggota kelompok teman-teman sepermainan sebagai anggota kelompoknya. Lingkungan pergaulan dapat disebut juga sebagai anggota kelompok acuan. Perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungan.
=>

“Pertamo kali kenal rokok pas SMP, taunyo dari pergaulan, nak cowok nak cewek kawan-kawan aku memang rada-rada rokok. Mereka mempengaruhi aku untuk ikut merokok.jadinyo terpengaruh dan kecaduan”


(awal merokok waktu SMP, dipengauhi oleh pergaulan teman-teman perempuan dan laki-laki. Akhirnya terpengaruh dan menjadi pecandu)


Perilaku merokok dapat dipengaruhi yang dilakukann Ang merupakan perilaku baru yang dilakukannya setelah ia bergaul dengan teman-temannya yang berusia lebih tua dibandingkan denganya. Kelompok teman laki-laki dan perempuannya yang merupakan perokok tersebut menjadi kelompok acuan, sehingga ia mampu melakukan suatu perilaku baru yang tidak ia ketahui sebelumnya yaitu merokok. Perilaku merokok ini pun menjadi cara dalam beradaptasi dengan lingkungan pergaulannya dalam kelompok yang ia miliki.
=>

“aku kenal rokok pas waktu yang SD, karena aku bekawan samo wong yang lebih besak
Dari aku. Karena begaul laju temelok. Padahal Cuma nyubo ahirnyo jadi keterusan”


(kenal rokok pas SD, bergaul dengan orang yang lebih tua, dan akhirnya terpengaruh dan menjadi pecandu)


Lingkungan pergaulan As ketika ia masih duduk dibangku SD telah mempengaruhinya untuk merokok. Karna lingkungan ini terdiri dari teman-tmannya yang kebanyakan merupakan perokok aktif. Kemudian kelompok ini menjadi kelompok acuan As dalam berperilaku yang membawanya pada pembentukan peilaku. serilaku merokok yang hingga saat ini sulit dihentikan.




Faktor keluarga



Yang merupakan agen sosialisasi pertama dan utama dan utama dalam mengenalkan nilai-nilai sosial dan kebudayaan kepada individu yang terdapat didalamnya. Keluarga terbagi atas 2 bagian yakni keluarga inti ayah, ibu dan anak. Keluarga luas, yaitu sistem keluarga yang jumlah anggotanya lebih banyak. Keluarga berperan membina anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan keluarga tempat ia berada, kemudian akan membentuk sikap, perilaku, identitas sosial, dan sebagainya sebagai anggotanya.
Dari wawancara yang telah dilakukan terhadap informan mengenai perilaku merokok perempuan, dilapangan diperoleh informasi bahwa faktor lain yang mempengaruhi perilaku perempuan selain lingkungan pergaulan yaitu lingkungan pergaulan yaitu dari lingkungan keluarga tempat ia berada itu sendiri.

“Pertamo jingok dari mek dan ubek aku yang merokok. Kareno sering jinggok laju temelok, awalnyo nyubo sembunyi-sembunyi, awalnyp wong tuo dak tau...”

(tau dari orang tua yang merokok akhirnya karena sering melihat, akhirnya mencoba, walaupun sembunyi-sembunyi tanpa pengetahuan orang tua )

Perilaku merokok dilakukan Ci mendapat pengaruh dari kedua orang tuanya tersebut
Merokok dihadapannya, ia pun mencoba untuk mengikuti perilaku yang ditunjukan oleh mereka melalui proses belajar. Perilaku merokok yang dilakukan Ci merupakan mencobakan salah satu bentuk respon setelah mendapat stimulus dari lingkungan tempat ia berada melalui proses belajar tadi secara sembunyi-sembunyi sebagaimana yang telah diungkapkan dalam wawancara tersebut.
Selain melalui perilaku yang ditunjukan secara nyata oleh orang tua, faktor dapat mempengaruhinya perilaku merokok perempuan dalam lingkungan keluarga adalah kurang baiknya penekanan nilai sosial, agama, dengan tujuan yang lebih sulit untuk terlibat dengan rokok, tembakau obat-obatan serta longgarnya pengawasan yang dilakukan oleh orang tua terhadap perilaku anak-anaknya sehari-hari

Pengawasan orang tua terhadap perilaku anaknya sehari-hari sangat penting
Longgarnya pengawasan dari orang tua menjadi stimulus tersendiri bagi As yang kemudian menjadi pemicu untuk melakukan perilaku yang baru yaitu merokok seperti penelitian yang kami lakukan diTower Biliard Palembang Squer dimana pada lokasi ini memang tidak diberlakukan larangan untuk merokok
Faktor keluarga merupakan faktor yang cukup kuat nutuk mempengaruhi individu dalam
berperilaku . karena keluarga merupakan agen sosialisasi awal atau agen penanaman nilai dan norma-norma seperti yang telah diatas tadi. Jika proses sosialisasi yang dilakukan baik, maka akan membentuk perilaku yang baik pula terhadap individu yang terdapat didalamnya, begitu sebaliknya.



Faktor Film



Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini seperti media cetak dan media elektronik, memberikan pengaruh bagi perkembangan diri seseorang. Media elektronik seperti televisi, radio, video, laser disc, bioskop. Memberikan informasi yang sangat beraneka ragam dalam bentuk hiburan, pendidikan, dan promosi. Penyajiannya biasanya dikemas sangat menarik sehingga akan terpikat penonton atau terdengar akan pesan yang akan disampaikan.
Kehadiran media tersebut baik secara langsung maupun tidak dipengaruhi sikap dan perilaku masyarakat. Nilai-nilai dan norma yang disampaikan akan tertanam dalam diri individu yang menikmatinya melalui penglihatan maupun pendengaran. Hal ini terbukti dari Fb yang memulai rokok dari melihat adegan tersebut di film yang ia tonton.
Yang diperankan wanita yang menghayatinya.sehingga Fb tertarik mengikuti adegan tersebut.
Nilai-nilai yang tertanam pada Fb yang menganggap kesan keren bahwa jika seorang perempuan merokok merupakan hal yang wajar dan sesuatu perilaku yang dapat membentuk kesan “keren”. Adegan tersebut menjadi stimulus yang kemudian berdampak
Pada respon yang dilakukan Eb dikamar tidurnya yakni mencoba merokok agar dapat terlihat keren layaknya adegan pada film yang telah ia tonton tersebut.



Faktor lokasi



Lokasi Tower Biliard Palembang Squre yang dinilai bebas dan nyaman sangat mempengaruhi perilaku merokok perempuan pada area public servis/biliard tersebut. Hal ini diakui oleh hampir semua informan berinisial Ci:

“ tempatnyo lemak, dingin, disini jugo jadi tempat aku samo kawan-kawan aku kumpul, ngobrol mbak, kalo aku merokok dewek tu dak lemak...

(tmpatnyo enak, nyaman, soalnya juga jadi tempat saya bersama teman-teman saya,kulpul-kumpuk,ngobrol mbak, lagi pula kalo merokok sendirian itu tidak enak..enaknya rame-rame bersama teman-teman)

Selain dari faktor suasana yang nyaman , dari pegawainya pun tidak pernah-pernah bersikap tidak ramah dan tidak baik menanggapi perilaku perempuan yang merokok tersebut. Hal ini berdasarkan informasi berinisial As yang mengatakan : “ aku merokok disini kareno katek yang ganggu, mbaknyo baek-baek, katek yang nyerode’i...(saya merokok disini karena tidak ada yang menggangu, mbaknya(pegawai)nkarena tidak ada yang menggangu, tidak ada yang memberi komentar negatif.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons