Selasa, 17 Agustus 2010

Solusi Mengatasi Konflik Perkawinan Tanpa Emosi


Photobucket
Bukanlah hal yang mustahil untuk menyelesaikan konflik tanpa menyulut emosi. Meredam konflik lalu membiarkannya berlarut-larut juga bukan merupakan ide yang bagus.

Berikut beberapa langkah menyelesaikan konflik tanpa emosi

1. Klarifikasi
Pastikan benar apa yang menjadi masalah Anda dan pasangan. Jangan sampai Anda sudah berbicara panjang lebar, namun tidak sesuai dengan apa yang dirasakan pasangan. Cobalah klarifikasi dulu hal-hal yang Anda berdua akan diskusikan. Salah pengertian bisa menyulut emosi Anda dan pasangan.

2. Jangan memancing emosi
Perhatikan benar intonasi serta kalimat yang Anda ucapkan. Jangan sampai intonasi tinggi atau kalimat kasar Anda membuat pasangan terpancing emosinya. Alhasil, konflik Anda malah berakhir dengan pertengkaran. Ibadah puasa Anda pun tak lagi maksimal.

3. Jangan memotong pembicaraan
Memotong pembicaraan pasangan juga akan membuatnya emosi. Sabar dan jadilah pendengar yang baik. Hitung-hitung, bersabar juga akan menjadi tabungan pahala Anda di bulan suci ini kan?

4. Berhentilah pada waktunya
Jika Anda merasa diskusi dengan pasangan tak lagi terasa nyaman. Sebaiknya segera hentikan. Sampaikan pada pasangan untuk meneruskan diskusi ini setelah berbuka puasa. Hal ini akan mencegah diskusi berkembang ke arah pertengkaran.

sumber : http://www.wolipop.com/read/2010/08/13/114600/1419699/854/kiat-atasi-konflik-pernikahan-tanpa-emosi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons