Selasa, 13 Juli 2010

RUKUN ISLAM

Rukun islam terdiri atas 5 macam antara lain :

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat.

Mengucapkan dua kalimat syahadat artinya mengakui bahwa tiada Tuhan selain Alah dan nabi muhamad saw adalah utusan Allah.

2. Mendirikan shalat

Shalat adalah ibadah yang menghubungkan antara manusia dengan tuhannya. Seseorang yang mengaku dirinya muslim tidak hanya mengicapkan dua kalimat syahadat tetapi juga harus melaksanakan shalat.Orang islam yang melakukan shalat dengan benar maka akhlaknya juga akan benar karena sesungguhnya shalat mencegah perbuatan keji dan munkar.

3. Membayar zakat.

Membayar zakat adalah tanda kepatuhan kita terhadap allah swt dan juga tanda kasih sayang pada orang lain. Orang-orang yang berhak menerima zakat antara lain :

  1. Orang-orang miskin
  2. Orang-orang fakir
  3. Pengurus zakat
  4. Orang yang berhutang di jalan Allah
  5. Orang yang sedang dalam perjalanan

5. Mengerjakan puasa

Puasa merupakan kewajiban lainnya selain zakat dan shalat. Puasa yang di wajibkan adalah puasa sebulan penuh di bulan Ramadan. Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menghindarkan diri dari perbuatan yang tidak baik.
Perintah untuk berpuasa tercantum dalam (Q.S. Al-Baqarah 183)

6. Menunaikan ibadah haji.

Haji merupakan kewajiban terakhir yang diperuntukan bagi orang yang mampu melakukannya. Mampu bukan hanya sekedar shat tetapi juga mampu dari segi biaya, perjalanan aman, serta nafkah kelurga yang di tinggalkan yang menjadi tanggungan. Salah satu manfaat ibadah haji adalah mengambil manfaat sejarah perkembangan islam dari masa ke masa

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons