Jumat, 04 Juni 2010

Mutiara Hikmah

" Hati yang mendapat Nur Ilahi Ialah : yang selalu mengingat kehidupan akhirat, tidak terlalu mencintai kehidupan dunia , dan selalu menyiapkan diri menghadapi kematian"
(Ulama)


"Orang yang paling sengsara dalam hidupnya ialah yang tidak bisa memanfaatkan akal dan pengalamannya " (Pepatah)


Rasulullah saw,bersabda ," Pada hari jum'at terdapat suatu saat yang apabila seorang muslim memohon kepada Allah sesuatu kebaikan,Allah akan memberinya,yaitu saat antara duduknya seorang imam(khatib) sampai usainya shalat " (HR Muslim)
Penjelasan : Duduknya khatib, yaitu diantara dua khotbah


Iblis berkata, " Bagaimana anak adam bisa mengalahkanku ? Kalau dia sedang gembira,aku menempatkan diriku dalam hatinya untuk merayunya; jika sedang marah-marah (emosi),aku menempatkan diriku di kepalanya untuk menjerumuskannya dan menyesatkannya."
(Ulama)


Rasulullah saw,bersabda, " Allah menguji hamba-hambanya dengan musibah sebagaimana seseorang menguji kemurnian emas dengan api. Ada yang keluar emas murni dan itulah yang dilindungi Allah dari keragu-raguan. Ada yang kurang dari itu (mutunya) dan itulah orang yang selalu ragu.Ada yang keluar seperti emas hitam dan itulah orang yang benar-benar ditimpa fitnah (musibah) ."
(HR ath -Thabrani)



Al-Imam Hasan al-bashri berkata, " Seorang yang beramal tanpa ilmu pengetahuan laksana seorang yang berjalan tanpa petunjuk.Carilah Ilmu tanpa mengganggu (merugikan) ibadah dan beribadahlah tanpa meninggalkan Ilmu pengetahuan"


Katakanlah, " Tidak sama yang buruk dengan yang baik meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu,maka bertakwalah kepada Allah,hai orang-orang yang berakal, agar kamu mendapatkan keberuntungan. "
(al-Maa'idah:100)


Rasulullah bersabda, " Apa yang aku larang jauhilah; dan apa yang aku perintahkan, kerjakanlah sampai batas kemampuan. Sesungguhnya,Allah telah membinasakan orang-orang sebelum kamu disebabkan terlalu menuntut dan menentang nabi-nabi mereka."
(HR Bukhari)



Wanita suatu ketika bisa memaafkan pengkhianatan suaminya,tetapi dia tidak bisa melupakannya sepanjang umurnya
(pepatah)


Termasuk berhalaisme(paganisme) apabila Anda mengagumi pemandangan alam dan segala isinya tetapi anda lupa terhadap yang Maha Penciptanya
(Ulama)



Rasulullah bersabda,"Barangsiapa menafkahkan hartanya untuk istri,anak-anak,dan seisi (penghuni)rumahnya maka semuanya itu adalah sedekah."
(HR ath-Thabrani)


Segala barang bekilau ketika Anda tidak memilikinya,tetapi bila anda sudah memilikinya maka kilauannya itu akan sirna.
(Pepatah)




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons